Sabtu, 22 Agustus 2015

KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN


1.      Hakikat Kapita Selekta Pendidikan
Mata kuliah Kapita Selekta Pendidikan disajikan untuk memfasilitasi mahasiswa mengkaji tentang berbagai kebijakan dan implementasinya di lapangan, serta mengkaji isu-isu pendidikan secara umum dan khusus yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan dari jenjang SD/MI  sampai dengan SMA/MA/SMK.
Mata kuliah ini bersifat problematis yang pelaksanaannya tidak membahas teori-teori pendidikan melainkan mencari dan mengkaji pelaksanaan pendidikan di lapangan, apakah kebijakan-kebijakan yang didasarkan atas Peraturan Pemerintah atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  (SISDIKNAS) dilaksanakan dengan benar atau masih ada penyimpangan.
Oleh karena itu perkuliahan ini merupakan ajang mengasah kecerdasan,kepedulian dan dapat memecahkan permasalahan pelaksanaan pendidikan di lapangan. Permasalahan yang dibahas dalam perkuliahan juga akan menyesuaikan dengan keadaan yang berupa munculnya isu-isu pendidikan mutakhir di luar topik yang direncanakan.

2.      Tujuan Perkuliahan
Dengan mengikuti perkuliahan secara holistik, mahasiswa dapat memuilki pengetahuan, pemahaman dan kemampuan berfikir kritis tentang berbagai kebijakan dan pelaksanaan serta isu-isu pendidikan di lapangan, mulai jenjang SD/MI sampai dengan SMA,MA,/SMK.

3.   Topik yang dibahas;
Berdasarkan hakikat dan tujuan perkuliahan Kapita Selekta Pendidikan tersebut, topic-topik yang dibahas adalahsebagai berikut ini.
1.      Undang-Undang Guru
2.       KTSP dan Kurikulum Muatan Lokal
3.      Pendidikan Multikultural dan Pendidikan Karakter
4.      Program RSBI dan Reguler
5.      Pendidikan SMA  dan SMK
6.      Pembelajaran Akselerasi dan pembelajaran Konstruktivistis
7.      Pembelajaran E-Learning dan Home Schooling
8.      Ujian Nasional
9.      Sertifikasi Keguruan dan Tenaga Kependidikan/Uji Kompetensi Guru
1.  Pendidikan Profesi Guru
1.  Sentralisasi dan Desentralisasi Pendidikan
1.  Mengkaji isu-isu mutakhir pendidikan.











0 komentar:

Posting Komentar