Salah satu cara
membelajarkan muatan budaya dan ilmu pengetahuan yakni dengan kegiatan
apresiasi dongeng. Dongeng sebagai salah satu karya sastra memiliki potensi
untuk menghela muatan Content Language
Integrated Learning (CLIL) dan ungkapan Jawa. Setelah mempelajari buku-buku
apresiasi dongeng yang sudah ada, ditemukan fakta bahwa buku-buku tersebut
masih belum sesuai harapan, baik dari aspek isi, penyajian, bahasa dan
keterbacaan, maupun grafika. Relevan
dengan situasi tersebut, diperlukan buku
pengayaan apresiasi dongeng yang bermuatan CLIL yang sesuai bagi peserta didik
SD kelas 3, baik dari aspek isi, penyajian, bahasa dan keterbacaan, maupun
grafika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and
Development (penelitian
dan pengembangan) dari Borg dan Gall (2003:570).
Kata Kunci : buku pengayaan,
apresiasi dongeng, dan CLIL.
Meinafebri@gmail.com
0 komentar:
Posting Komentar